kick-starter tiap hari ,jadi kepikiran untuk ganti pake tombol start motor. Tinggal pencet ,icikwiewwewew (ala sule,wkwk) ,hidup deh tu mesin. Penggantian aki ini juga aku lakukan untuk menambah performa motor karena system pengapian terbantu dalam menghasilkan tenaga ,selain itu membantu alat kelistrikan yang lain seperti lampu utama ,lampu sein ,klakson ,lampu instrumen dan indikator.
Aku mengganti aki baru dengan GS Premium Kit GM5Z-3B High Power 12 volt 5AH/10Hr dari Astra Otoparts. Aku tebus tu barang dengan harga Rp. 105.000 . Dalam kardus ,terdapat satu aki yang masih kosong ,air ACCU ZUUR ,selang udara dan mur baut kecil.
Kita langsung ke TKP aja ya ,
Langkah pertama ,buka penutup aki di motor (biasanya ada disebelah kanan bawah jok atau dibawah bagasi motor )
Keluarkan aki lama dan lepaskan mur baut dari dari aki
PENTING !! KETIKA MELEPAS MUR BAUT DAHULUKAN ARUS NEGATIF (-) DULU !!
Siapkan aki barunya
Keluarkan semua part dari kardus
Buka semua tutup karet
Pasanglah selang udara
Buka wadah air ACCU ZUUR
Isi aki kosong dengan ACCU ZUUR sampai pada batas UPPER LEVEL dengan berat jenis 1.260 (pada temperature 20°C)
Diamla selama 30 menit. Bila level ACCU ZUUR turun ,tambahkan lagi sampai batas UPPER LEVEL
Dianjurka untuk di stroom dulu ± 5 jam dengan arus 1/10 dari kapasitas nominal aki ,meskipun begitu ,aku tidak menyetrumnya ,ribet ,meskipun murah ,cuma 3000 perak ,hehe
Bila distroom ,tinggi level ACCU ZUUR akan turun ,tambahkan AIR MURNI saja (jangan ACCU ZUUR), sampai tingginya mencapai UPPER LEVEL
Pasang mur bautnya
PENTING !! KETIKA MEMASANG MUR BAUT DAHULUKAN ARUS POSITIF (+) DULU !!
Masukan lagi aki ketempatnya
Tutup dan kancangkan murnya ,selesai
TAMBAHAN
Tinggi level ACCU ZUUR diperiksa satu kali dalam sebulan. Bila tingginya turun hamper menapai LOWER LEVEL, tambahkan AIR MURNI lagi sampai tingginya mencapai UPPER LEVEL (jangan tambah dengan ACCU ZUUR)
Itu penjelasan ku ,semoga bermanfaat.